Makalah Analisis Pasar dan Perilaku Konsumen

Makalah Analisis Pasar dan Perilaku Konsumen
Analisis Pasar dan Perilaku Konsumen Terhadap Produk Yamaha - Sebelumnya kami jelaskan terlebih dahulu model perilaku konsumen secara umum dapat diidentifikasi dengan tahapan-tahapan berikut ini.
- Stimulus pemasaran mencakup: Produk, Harga, Tempat, Promosi.
- Stimulus lain yang masih dalam cakupannya: Ekonomi, Teknologi, Politik, Kultur.
Setelah melalui tahapan tersebut kemudian masuk tahap berikut ini.

Karakteristik Pembeli Mecakup:  
Kultur atau Budaya : Jika menilik pada kultur budaya di Indonesia saat ini yaitu, masyarakat yang dinamis, gengsi yang besar, kebutuhan hidup yang selalu meningkat dengan ditandainya daya beli masyarakat yang tinggi terhadap produk-produk yang di unggulkan.

Sosial : Pada kelas ini masyarakat dengan status sosial menengah ke atas merupakan target pasar yang diminati para produsen, meskipun tidak menampik kelas sosial menengah kebawah. Karena pada kelas menengah atas, produsen paham betul kebutuhan yang dinginkan, disamping itu daya beli yang tinggi. Yang paling terlihat menjadi pembeda pada kelas ini adalah pendapatan, pendidikan dan tempat tinggal. 

Personel : faktor ini mencakup hal yang bersifat subyektif, karena personal satu dengan yang berbeda, mecakup pola gaya hidup, pekerjaan dan usia.

Psikologi.

Proses Pembelian: Pengenalan persoalan, Pencarian informasi, Evaluasi alternatif, Keputusan pembelian, Perilaku setelah pembelian. Pada tahap akhir perilaku konsumen untuk membeli suatu produk dapat didentifikasi  sebagai berikut: Pemilihan produk, Pemilihan merek, Pemilihan dealer, Waktu pembelian, Jumlah pembelian.

Kategori orang dalam proses pembelian: 
Initiator: orang yang pertama menyarankan untuk melakukan pembelian. Pada bagian ini marketing sangat berperan banyak.

Influencer: orang yang memberi pandangan atau advise yang mempengaruhi. Pada tahapan ini marketing masih memberikan pengaruhnya, memberikan edukasi terhadap calon konsumen tehdapa produk yang ditawarkan. Namun pada tahapan ini tidak hanya marketing saja yang memberikan edukasi, seorang ahli dalam bidang tertentu juga berperan dalam tahapan ini.
c.    Decider: orang yang memutuskan.
d.    Buyer: orang yang  melakukan pembelian
e.    User: orang yang memakai produk yang dibeli.

Perilaku pembelian
a.    Perilaku pembelian kompleks. Pertama orang akan membangun keyakinannya kepada produk tertentu, kemudian  menentukan sikap, terakhir melakukan pilihan yang berarti.
b.    Dissonance-reducing buyer behavior. Seseorang dalam pembelian barang yang mahal, beresiko dan jarang; mungkin cepat melakukan pembelian. Akan tetapi mempertimbangkan harga dan kenyamanan; dan mungkin menemukan bahwa merek lain lebih baik dari yang dibelinya. Dalam hal ini dia mengalami dissonance.  
c.    Kebiasaan membeli. Banyak barang dibeli tanpa melibatkan banyak pertimbangan.  
d.    Ragam pencarian perilaku pembelian. Pembeli tidak terlalu memikirkan barang yang dibeli tetapi sering menukar-nukar merek.

Dalam alur proses diatas dapat dirancang strategi pemasaran pada produk-produk yamaha, yamaha sendiri dari tahun ke tahun selalu mengaluarkan produk-produk baru dengan kecanggihan dan inovasi. Inovasi produk kendaraan yamaha memiliki empat jenis varian diantaranya :

Automatic : Masyarakat sering menyebutnya motor matic. Produknya meliputi Mio Soul, Mio J, Mio Fino dan Xeon. Semua produk tersebut bertransmisi otomatis.

Smart : Varian ini hanya memiliki satu produk saja yaitu Yamaha Lexam. Bertramisi seperti motor bebek lainnya namun meneggunkan kopling dengan tampilan yang smart.

Moped : Varian ini meimiliki tiga produk yang itu Vega ZR, Jupiter Z1 dan Jupiter MX. Produk dalam varian ini yang banyak membanjiri pasaran. Masyarakat sering menyebutkan dengan jenis motor bebek.

Sport : Jenis varian ini mengandalkan segmentasi pasar untuk lelaki, karena varian ini memiliki tiga produk dengan tingkat kecepatan yang paling kencang dibanding varian-varain yamaha yang lain. Produknya varian sport ini yaitu yamaha Bison, yamaha Vixion dan Yamaha Scorpio.

Selain empat varian tersebut yamaha juga mengeluarkan produk lain yaitu :
ATV (All Terrain Vehicle) : Kendaraan segala medan, yamah untuk jenis kendaraan ATV hanya mengeluarkan satu jenis saja dengan nama Grizzly 700F1. Kendaraan ini dilengkapi dengan tranmisi otomatis dengan sistem penggerak empat roda atau sering disebut 4WD.

Sparepart : Yamaha selain menyediakan berbagai jenis kendaraan juga menyediakan sparepart untuk mengatasi penggantin kerusakan-kerusakan onderdil pada kendaraan yang dijual.
Generator : Yamaha juga mengelurakn produk generator sebagai sumber listrik alternatif. Yamaha memiliki 4 jenis merek generator yaitu ET950, EF2600, EF2600FW dan EF6600E. Generator ini untuk memenuhi permintaan pasar sebagai sumber listrik alternativ ketika seumber utama listrik PLN padam, atau sering juga digunakan untuk sumber listrik bagi pedagang kaki lima dan kebutuhan lainnya.

Dari sisi harga yamaha memberikan harga yang bersaing dengan kompetitor. Kisaran harga untuk kendaraan seperti varian automatic, smart dan muped dibandrol kisaran harga Rp. 10.000.000 sampai Rp. 15.000.000. Sedangkan untuk varian sport kisaran Rp. 15.000.000 sampai Rp. 25.000.000,-. Dengan harga yang cukup kompetetif  ini konsumen diberikan pilihan sesuai dengan daya beli, kebutuhan dan faktor lainnya.

Inovasi Produk Yamaha
Untuk memenuhi permintaan pasar yang dari waktu kewaktu selalu mengedepankan inovasi dan style Yamaha selalu mengeluarkan inovasi-inovasi baru disetiap produknya sesuai dengan jargonnya “Yamaha Semakin di Depan”. Mulai dari bagaimana agar pelanggan nyaman ketika menggunakan produk yamaha, bagaimana kebutuhan style pelanggan dapat diakomodasi pada produk Yamaha dan lain sebagainya. Dari sini kami mencoba menganalisa inovasi apa saja yang telah dilakukan Yamaha terhadap produknya dari waktu ke waktu.

Teknologi Fuel injection FI
Teknologi ini sangat unggul salam kualitas dan pemanfaatan penggunaanya. Yamaha menyebut teknologi FI dengan yamaha Mixture JET-Fuel Injection yang memiliki keuntungan akselerasi dan tenaga mesin sangat baik, konsumsi bahan bakar lebih efisien san emisi gas buang lebih ramah lingkungan. Teknologi FI yamaha memberikan keuntungan bahan bakar lebih hemat 30 persen, serta emisi dan polusi rendah. Dengan sistem ini, bahan bakar disuplai sesuai kebutuhan mesin sehingga menghemat bahan bakar. Teknologi ini juga juga sesuai dengan standar euro3 yang akan mulai diaplikasikan pada juli 2013 menurut AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor indonesia).

Teknologi FI telah diterapkan pada Yamaha V-Ixion. Motor sport nomor satu di pasar tanah air yang diluncurkan pada 2007 itu terbukti keunggulannya shingga selalu dicintai pelanggan.

Facelift Striping dan Logo 3D Mewah dan Elegan
Setelah New Jupiter Z white yang dibintangi Jorge Lorenso, motor bebek unggulan Yamaha lainnya yaitu Jupiter MX muncul dengan facelift striping dan logo unik Yamaha 3D. Logo Yamaha 3D pada bagian leg shield kanan dan kiri itu adalah perubahan paling spesial dari jupiter MX baru baik yang menggunakan kopling maupun otomatis. Logonya yang nampak timbul menguatkan kesan sporty, mewah dan elegan.

Dari tipe dan varian motor yamaha, hanya jupiter MX yang memiliki logo 3D unik ini. Yamaha ingin memberikan sesuatu yang baru baru kepada pelanggannya dan inovasi ini bisa dibilang merupakan tren terbaru dikelasnya.

Teknologi YZ Crankshaft Technology, Low Friction Technology dan Forged Piston.
Tekonologi ini banyak digunakan untuk jenis motor balap, namun Yamaha mengadopsi teknologi ini untuk motor New Jupiter Z1, dengan tekonologi ini performa motor meningkat 20 persen, dengan Low Friction Technology yang memperkecil hambatan tenaga akibat gesekan sehingga tenaga mesin menjadi lebih optimal. Forged Piston yang memiliki daya tahan tinggi dan ringan sehingga mampu menyalurkan tenaga mesin yang besar serta menjadikan motor lebih mudah berakselerasi.

Tekonologi inovasi yang diterapakn Yamaha tersebut hanya sebgaian kecil inovasi-inovasi yang dikembangkan oleh Yamaha. Terobosan-terobosan terbaru akan terus digali sebagai wujud komitmen yamaha yang semakin di depan dan yang lain pasti ketinggalan.
Tag : Makalah
Komentar Facebook
Back To Top