10 Ribu Mikroba Dalam Tubuh Manusia

10 Ribu Mikroba Dalam Tubuh Manusia
10 Ribu Mikroba Dalam Tubuh Manusia - Tahukah kamu dalam kedaan sehat ternyata tubuh manusia terdapat 10 ribu mikroba dengan spesies yang berbeda. Hal ini sesuatu yang wajar. itu artinya manusia tersebut tidak sedang dalam keadaan sakit.

Informasi tersebut didapat dari hasil temuan para ilmuwan di Washington University School of Medicine St. Louis, Amerika Serikat. Lewat sebuah proyek, para ilmuwan tersebut berhasil membuat peta mikroba yang terdapat pada tubuh manusia yang sehat. "Manusia menjadi inang bagi 10 ribu spesies mikroba berbeda," kata Phillip Tarr, satu dari 200 ilmuwan yang ambil bagian dalam proyek penelitian ini. Temuan Tarr dan rekan-rekannya diterbitkan dalam dua makalah di jurnal Nature dan 12 makalah di jurnal Public Library of Science atau PLoS.

Hasil penelitian menunjukkan beberapa spesies mikroba yang ditemukan pada orang sehat diketahui menjadi penyebab timbulnya penyakit. Namun mikro-mikroba ini sebenarnya dapat hidup berdampingan secara damai dengan spesies mikroorganisme lain yang sifatnya lebih menguntungkan manusia.

Para ilmuwan mengatakan data dasar tentang mikroba ini akan mengubah cara berpikir dokter tentang infeksi. Para dokter sebelumnya selalu berpikir tentang satu jenis mikroba sebagai pemicu munculnya satu jenis penyakit. Kini mereka harus berpikir tentang faktor yang mengubah ekosistem sehat dari keseluruhan mikroba yang hidup dalam tubuh manusia.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan mencoba membudidayakan mikroba di laboratorium. Cara ini ternyata tidak terlalu efektif. Sebab, kata Tarr, banyak dari mikroba yang hidup pada manusia sulit untuk dibudidayakan di laboratorium. Sejauh ini hanya ada beberapa ratus spesies mikroba yang berhasil diisolasi dari tubuh manusia.

Akhirnya, Tarr dan timnya menggunakan metode lain. Mereka memilih langsung mengambil sampel dari 18 titik di tubuh sukarelawan, mulai dari air liur, darah, kulit, hingga feses.

Mereka juga mengambil sampel dari lima bagian tubuh lain, yakni saluran pernapasan, kulit, mulut, saluran pencernaan, dan vagina. Total ada 5.000 sampel yang diambil dari 250 sukarelawan berusia 18-40 di sekitar Kota Houston atau St. Louis.

Mereka kemudian memurnikan semua DNA dari sampel mikroba, membaca urutan gennya, dan menggunakan komputer supercanggih untuk menganalisis data. Lewat komputer supercanggih inilah para ilmuwan dapat mengidentifikasi seluruh mikroba yang menghuni daerah-daerah tubuh manusia berikut jumlahnya.

"Pendekatan baru ini memberikan pandangan lengkap tentang seluruh mikroba yang hidup di setiap bagian tubuh manusia. Ini seperti seorang penjelajah yang memetakan garis pantai setiap benua yang baru ditemukan untuk pertama kalinya," kata Eric Green, Direktur National Human Genome Research Institute, salah satu dari Lembaga Kesehatan Nasional yang mendukung proyek ini.
Tag : iptek, Kesehatan
Komentar Facebook
0 Komentar untuk "10 Ribu Mikroba Dalam Tubuh Manusia"

Back To Top