Pentingnya Etika Dalam Dunia Bisnis - Bisnis atau berniaga adalah salah satu cara untuk mendapatkan hasil berupa uang. Uang merupakan salah satu target seseorang menjalankan bisnis.
Dewasa ini pilihan untuk terhun ke dunia bisnis banyak sekali pilihannya. Menjadi produsen, distributor, penjual langsung ke user merupakan sebuha pilihan.
Etika Bisnis adalah Suatu rangkaian prinsip yang harus diikuti apabila menjalankan bisnis. Dalam menjalankan bisnis tak lain halnya dengan hiudp bermasyarakat, ada etikanya. Etika bisnis sendiri kadang menjadi sesuatu yang terlupakan, disebabkan karena ingin mendapatkan hasil yang besar. Pada awalnya mungkin wajar, namun seiring berjalannya waktu pembisnis harus memperhatikan etika binis.
Etika binis mungkin erat kaitannya dengan tanggung jawab sosial atau dalam dunia bisnis sering disebut CSR (Corporate Social Responsibility). Nah, hal inilah yang mempengaruhi keputusan yang tidak etis, biasanya timbul jika pengambilan keputusan hanya untuk menguntungkan diri sendiri dari pada pemegang kepentingan (karyawan, pemegang saham, lingkungan) Praktek bisnis yang tidak etis dapat berpengaruh tidak baik terhadap nilai perusahaan.
Tanggung Jawab kepada Pelanggan
Tanggung Jawab kepada Pelanggan jauh lebih luas dari pada hanya menyediakan barang atau jasa. Perusahaan mempunyai tanggung jawab ketika memproduksi dan menjual produk. Dalam praktek tanggung jawab meliputi :
Tanggung Jawab Produksi : Produk harus diproduksi dengan keyakinan menjaga kesela-matan pelanggan. Label peringatan harus ada guna mencegah kecelakaan karena salah dalam penggunaan dan adanya efek samping
Tanggung Jawab Penjualan : Perusahaan tidak melakukan strategi penjualan yang terlalu agresive atau iklan yang menyesatkan. Perlu survey kepuasan pelanggan, dimana ybs diperlakukan sebagaimana mestinya.
Cara Menjamin Tanggung Jawab Sosisal Kepada Pelanggan
Dapat di lakukan dengan tahapan sebagai berikut:
1. Ciptakan Kode Etik
Berisi serangkaian petunjuk untuk kualitas produk, sekaligus sebagai petunjuk bagaimana karyawan, pelanggan dan pemilik seharusnya dipelihara.
2. Memantau Semua Keluhan
Hubungi pelanggan apabila mereka mempunyai keluhan mengenai kualitas produk atau lainnya. Cari sumber keluhan dan yakinkan bahwa problem tersebut tidak akan timbul lagi.
3.Umpan Balik Pelanggan
Meminta pelanggan untuk memberi umpan balik atas barang/jasa yang mereka beli walaupun selama ini tidak ada keluhan dengan mengirim kuesioner.
Pastinya bagi para pembisnis mungkin jadi salah satu daftar yang perlu diperhatikan ketika akan dan sedang mejalankan usaha binis untuk tetap memperhatikan etika bisnis dan tanggung jawab sosial.
Dewasa ini pilihan untuk terhun ke dunia bisnis banyak sekali pilihannya. Menjadi produsen, distributor, penjual langsung ke user merupakan sebuha pilihan.
Etika Bisnis adalah Suatu rangkaian prinsip yang harus diikuti apabila menjalankan bisnis. Dalam menjalankan bisnis tak lain halnya dengan hiudp bermasyarakat, ada etikanya. Etika bisnis sendiri kadang menjadi sesuatu yang terlupakan, disebabkan karena ingin mendapatkan hasil yang besar. Pada awalnya mungkin wajar, namun seiring berjalannya waktu pembisnis harus memperhatikan etika binis.
Etika binis mungkin erat kaitannya dengan tanggung jawab sosial atau dalam dunia bisnis sering disebut CSR (Corporate Social Responsibility). Nah, hal inilah yang mempengaruhi keputusan yang tidak etis, biasanya timbul jika pengambilan keputusan hanya untuk menguntungkan diri sendiri dari pada pemegang kepentingan (karyawan, pemegang saham, lingkungan) Praktek bisnis yang tidak etis dapat berpengaruh tidak baik terhadap nilai perusahaan.
Tanggung Jawab kepada Pelanggan
Tanggung Jawab kepada Pelanggan jauh lebih luas dari pada hanya menyediakan barang atau jasa. Perusahaan mempunyai tanggung jawab ketika memproduksi dan menjual produk. Dalam praktek tanggung jawab meliputi :
Tanggung Jawab Produksi : Produk harus diproduksi dengan keyakinan menjaga kesela-matan pelanggan. Label peringatan harus ada guna mencegah kecelakaan karena salah dalam penggunaan dan adanya efek samping
Tanggung Jawab Penjualan : Perusahaan tidak melakukan strategi penjualan yang terlalu agresive atau iklan yang menyesatkan. Perlu survey kepuasan pelanggan, dimana ybs diperlakukan sebagaimana mestinya.
Cara Menjamin Tanggung Jawab Sosisal Kepada Pelanggan
Dapat di lakukan dengan tahapan sebagai berikut:
1. Ciptakan Kode Etik
Berisi serangkaian petunjuk untuk kualitas produk, sekaligus sebagai petunjuk bagaimana karyawan, pelanggan dan pemilik seharusnya dipelihara.
2. Memantau Semua Keluhan
Hubungi pelanggan apabila mereka mempunyai keluhan mengenai kualitas produk atau lainnya. Cari sumber keluhan dan yakinkan bahwa problem tersebut tidak akan timbul lagi.
3.Umpan Balik Pelanggan
Meminta pelanggan untuk memberi umpan balik atas barang/jasa yang mereka beli walaupun selama ini tidak ada keluhan dengan mengirim kuesioner.
Pastinya bagi para pembisnis mungkin jadi salah satu daftar yang perlu diperhatikan ketika akan dan sedang mejalankan usaha binis untuk tetap memperhatikan etika bisnis dan tanggung jawab sosial.
Tag :
Bisnis
Komentar Facebook
0 Komentar untuk "Pentingnya Etika Dalam Dunia Bisnis"