Penemuan Terbaru Peta Gen Mikroba Pada Tubuh

Penemuan Terbaru Peta Gen Mikroba Pada Tubuh
Penemuan Terbaru Peta Gen Mikroba Pada Tubuh - Gen atau genetika menurut wikipedia merupakan cabang biologi yang mempelajari pewarisan sifat pada organisme maupun suborganisme (seperti virus dan prion). Sedangkan dari segi bahasa, genetika berasal dari bahasa Belanda: genetica, adaptasi dari bahasa Inggris: genetics, dibentuk dari kata bahasa Yunani γέννω, genno, yang berarti "melahirkan").

Ada Penemuan Terbaru Peta Gen Mikroba Pada Tubuh Oleh sekelompok ilmuwan Amerika Serikat berhasil mengembangkan peta genetik hampir semua mikroba yang mendiami tubuh manusia sehat. Temuan ini mirip dengan pencapaian ilmuwan di bidang pemetaan genom manusia lebih dari satu dekade lalu.

Para ilmuwan perlu waktu lima tahun dan biaya hingga US$ 173 juta untuk melakukan sensus terhadap mikroba (termasuk bakteri, virus dan jamur) yang mendiami tubuh manusia sehat. Peta genetik ini akan digunakan sebagai referensi utama oleh para ilmuwan di seluruh dunia yang sedang mendalami penelitian tentang penyakit manusia.

Referensi pertama di dunia ini diperoleh setelah mereka menganalisis lima ribu sampel dari 250 relawan. Para peneliti mengambil sampel dari 18 titik di tubuh sukarelawan, mulai dari air liur, darah, kulit hingga feses.

"Ini adalah cara baru dalam memandang biologi manusia dan penyakit manusia. Temuan menakjubkan ini menawarkan kesempatan baru yang luar biasa," kata Phillip Tarr dari Washington University School of Medicine di St Louis. Tarr adalah satu dari 200 ilmuwan yang mengambil bagian dalam proyek Human Microbiome.

Eric Green, direktur National Human Genome Research Institute, salah satu dari Lembaga Kesehatan Nasional yang mendukung proyek tersebut, menyatakan dokter dan peneliti telah lama mengetahui bahwa manusia berbagi tubuh dengan triliunan mikroorganisme.

Setidaknya ada 10 sel bakteri untuk setiap sel dalam tubuh manusia. Namun, karena ukurannya yang sangat renik, sel-sel mikroba hanya menyumbang 1-3 persen dari total massa tubuh manusia. Green mengatakan, pada orang dewasa berbobot 100 kilogram, terdapat 1-3 kilogram bakteri.

"Manusia hampir selalu hidup harmonis berdampingan dengan mikroba. Tapi kadang-kadang hubungan harmonis itu rusak, yang mengakibatkan penyakit," kata Green. Ia menambahkan, pemahaman tentang kondisi yang membuat mikroba hidup normal akan membantu dokter mengetahui perubahan yang terjadi ketika seseorang sakit.
Tag : iptek
Komentar Facebook
0 Komentar untuk "Penemuan Terbaru Peta Gen Mikroba Pada Tubuh"

Back To Top